KULIAH UMUM #1 Fakultas Teknologi Informasi Fakultas Kesehatan

KULIAH UMUM #1
Fakultas Teknologi Informasi
Fakultas Kesehatan 
.
Jum'at, 20 September 2024
Aula Lantai-3 Gedung Utama
Universitas La Tansa Mashiro
.
Kuliah Umum dengan Thema Technopreneur di Era Society 5.0 Pentingnya Aplikasi Kesehatan bagi Kesehatan Masyarakat, adalah Kolaborasi FTI & FKES UNILAM yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 3 Prodi S1-Informatika, S1-Sistem Informasi, S1-Gizi dan mahasiswi Semester 5 Diploma-3 Kebidanan.
.
Dengan Narasumber Dekan masing-masing Fakultas yaitu Ibu Anies Ervina, M.Kes selaku Dekan Fakultas Kesehatan dan Bapak H.Yulikuspartono, M.Kom, CH sebagai Dekan Fakultas Teknologi Informasi UNILAM, memberikan materi bahwa dalam era Society 5.0, integrasi teknologi dan masyarakat menjadi kunci dalam menciptakan solusi inovatif untuk masalah kesehatan. Kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang peran technopreneur dalam mengembangkan aplikasi kesehatan yang dapat mendukung kesejahteraan masyarakat.
.
Di era serba IoT (Internet of Things) yang menghubungkan semua perangkat di sekitar kita dengan internet nirkabel untuk Teknologi SmartHome akan memungkinkan untuk membuat Project Aplikasi Komputer Supporting Dunia Kesehatan sebagai Outcome dari Kolaborasi FTI & FKES UNILAM, salah satunya tentang :
1. Aplikasi Pencegahan Stunting atau Deteksi Stunting (STUNTECH)
2. Aplikasi Buku Kesehatan Ibu & Anak (KIA Book Aplikasi),
3. Aplikasi Nutrisi untuk Anak (VITATECH)
4. Platform Kesehatan Ibu Hamil (PREGNANTECH)
5. Dll

Ini menjadi Project Kolaborasi Kelompok gabungan mahasiswa/i FTI & FKES UNILAM yang akan bekerjasama melakukan :
1. Analisa dan Riset Requirement Kebutuhan tentang Aplikasi Kesehatan yang akan dibangun
2. Design Konsep Mockup Aplikasi 
3. Development Aplikasi
4. Coding-an, Testing dan
5. Maintenance 
.
Semoga Kuliah Umum Kolaborasi FTI & FKES menghasilkan Aplikasi Kesehatan yang berguna bagi masyarakat dalam mendukung Program Pemerintah tentang Penyusunan dan pelaksanaan program kegiatan Kemenkes bidang kesehatan yang meliputi peningkatan kesehatan ibu, anak, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, kemudian percepatan perbaikan gizi masyarakat.
.
Dan menjadikan challenge mahasiswa FTI mewujudkan CyberMuslimPreneur yang tangguh sesuai dengan visi dan misi FTI UNILAM.
.
penulis by : follow IG @mas_yulee

=====

Artikel ini sudah dilihat sebanyak 447 kali

Berbagi ke Sosial Media