Rektor UNILAM Hadiri Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna XVIII Tingkat Provinsi Banten 2024

Pj Gubernur Banten Al Muktabar meresmikan pagelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) yang ke-17 tingkat Provinsi Banten tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Banten di Alun-alun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (7/5/2024).

Pj Gubernur Banten Al Muktakbar mengatakan, pagelaran TTG ini merupakan inovasi yang berasal dari masyarakat dan dapat diambil manfaatnya untuk masyarakat pula.

“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya teknologi tepat guna, dan semoga tetap bisa berlanjut,” kata Al dalam sambutannya, Selasa (7/5/2024).

Ia menjelaskan, TTG sudah semakin canggih. Sebab untuk saat ini teknologi tersebut menggunakan platform digital. Ia berharap kedepannya akan didorong untuk pemanfaatan inovasi tepat guna tersebut.

“Teknologi tepat guna dapat memberikan solusi, tahapan, sehingga terus kita kembangkan dan menjadi solusi yang terbaik,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas DPMD Provinsi Banten Aan Muawanah menyampaikan, gelaran TTG Banten 2024 dilaksanakan di Kabupaten Lebak, dengan berbagai pelaksanaan lomba karya dan inovasi teknologi di Banten.

“Pelaksanaan kegiatan merupakan sinergi dengan pemerintah kabupaten/kota, dengan diselenggarakan TTG ini yang dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota secara bergilir,” ucap Aan Muawanah.

Ia menjelaskan, maksud dan tujuan dari TTG adalah sebagai strategi dalam menyebarkan teknologi tepat guna dalam pemberdayaan masyarakat.

“Gelaran ini menambah wawasan masyarakat dan meningkatkan teknologi di masyarakat, yang kemudian dapat dimanfaatkan masyarakat,” katanya.

Aan menambahkan, salah satu tujuan dilaksanakannya TTG ini agar terbentuk persamaan persepsi dan kemitraan dalam mendukung upaya pemberdayaan masyarakat.

“Serta memotivasi masyarakat untuk terus berinovasi, sekaligus mempromosikan hasil inovasi masyarakat, yang diharapkan dapat dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.

Dengan begitu, Aan berharap, masyarakat menjadi termotivasi untuk memanfaatkan teknologi dalam peningkatan hasil usaha dan mutu baru sehingga mempunyai nilai ekonomi dan guna lebih yang akan memajukan dan menyejahterakan masyarakat.

“Ada tiga kategori yang dilombakan dalam TTG kali ini, kategori inovasi, TTG unggulan dan kategori Posyantek desa/kelurahan,” ucapnya.

Sedangkan untuk pelaksanaannya sendiri, untuk TTG tingkat Provinsi akan berlangsung dari tanggal 7-9 Mei 2024, sementara untuk tingkat nasional akan dilaksanakan pada tanggal 6-10 Juni 2024 di Lombok, NTB.

Source : bantennews.co.id

Artikel ini sudah dilihat sebanyak 136 kali

Berbagi ke Sosial Media