Mahasiswa UNILAM Ikut Meriahkan Kegiatan Susur & Bersih-Bersih Sungai

Kabupaten Lebak – 27 Juli 2023, Universitas La Tansa Mashiro berpartisipasi dalam kegiatan Susur & Bersih-Bersih Sungai yang diselenggarakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWS C3). Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai elemen, termasuk perwakilan dari perguruan tinggi di Kabupaten Lebak, bertujuan untuk memperingati Hari Sungai Nasional dan mendukung agenda 10th World Water Forum yang akan dilaksanakan 2024 mendatang di Indonesia sebagai tuan rumahnya yang bertempatan di Bali.

Mengawali Kegiatan di Kantor Universitas La Tansa Mashiro

Pagi hari, para mahasiswa Universitas La Tansa Mashiro berkumpul di Sekertariat UKM Universitas La Tansa Mashiro. Mereka mendapatkan surat tugas sebagai peserta kegiatan Susur & Bersih-Bersih Sungai yang dilaksanakan oleh BBWS C3. Setelah mendapatkan surat tugas, mereka diberikan kaos (dress code) kegiatan, tote bag, dan topi sebagai identitas peserta.

Kegiatan di Tepi Sungai Ciujung

Setelah tiba di Tepi Sungai Ciujung, kegiatan diawali dengan check-in peserta dan pembagian snack box dan kipas. Acara kemudian dibuka oleh seorang MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, doa, dan sambutan dari narasumber utama, Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc (Menteri PUPR), melalui siaran zoom yang dilakukan secara nasional.

Penuh Semangat, Susuri & Bersih-Bersih Sungai

Setelah pembukaan, para peserta menyicipi hidangan gratis yang disediakan oleh panitia dan mengunjungi pameran UMKM, termasuk kain tenun Baduy dan beragam produk lainnya. Selanjutnya, para peserta menyusuri sungai menggunakan perahu karet untuk membersihkan sampah di tepian sungai. Selama perjalanan, mereka juga melihat siaran zoom dari Menteri PUPR, Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono.

Penanaman Pohon Bersama

Kegiatan berlanjut dengan penanaman pohon bersama oleh peserta dan tamu undangan di tepi sungai. Setelah penanaman, acara dilanjutkan dengan makan siang dan istirahat sejenak.

Mengedepankan Kesadaran Lingkungan

Dalam refleksi dan saran setelah kegiatan, peserta menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan kesan yang menyenangkan dan antusiasme yang tinggi. Mereka menyadari pentingnya menjaga kebersihan sungai untuk mencegah bencana alam dan pencemaran lingkungan.

10th World Water Forum

Kegiatan Susur & Bersih-Bersih Sungai ini merupakan bagian dari persiapan menuju 10th World Water Forum. Berbagai pihak yang terlibat dalam acara tersebut, termasuk Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Kementerian LHK, BUMN, Kementerian ATR-BPN, dan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, turut serta dalam kegiatan ini untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai dan lingkungan.

Diharapkan bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan sungai demi kehidupan yang lebih baik bagi alam dan manusia.

Penulis: Irna dan Dandy (Mahasiswa)
Editor: AR

Artikel ini sudah dilihat sebanyak 22 kali

Berbagi ke Sosial Media