Pelepasan Mahasiswa D3 Kebidanan UNILAM Kegiatan Praktik Keterampilan Dasar Kebidanan

Kamis, 20 Juli 2023 – Universitas La Tansa Mashiro, melalui Program Studi Kebidanan, melakukan pelepasan mahasiswa Angkatan XVII untuk mengikuti Praktik Keterampilan Klinik Praktik Kebidanan (KKPK) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adjidarmo, Kabupaten Lebak. Kegiatan praktik keterampilan ini merupakan bagian penting dalam upaya mengingkatkan kompetensi mahasiswa kebidanan.

Kegiatan praktik keterampilan klinik berlangsung selama 12 hari kerja, dimulai dari tanggal 24 Juli hingga 05 Agustus 2023. RSUD Adjidarmo menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini, yang akan diikuti oleh mahasiswa Prodi Kebidanan tingkat 1 semester 2 Angkatan XVII.

Dalam kegiatan Praktik Keterampilan Dasar Kebidanan ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman nyata dalam menerapkan teori-teori yang telah diperoleh di kelas. Mereka akan didampingi oleh pembimbing selama menjalani praktik sehingga mampu mandiri dalam menyikapi berbagai kasus sesuai dengan batas kewenangan dan tanggung jawabnya sebagai seorang bidan.

Keterampilan Dasar Kebidanan merupakan fokus utama dalam proses pembelajaran di lapangan. Mahasiswa dituntut untuk mampu melakukan asuhan dengan tepat, seperti memberikan oksigen, memandikan pasien, memenuhi kebutuhan nutrisi, kebutuhan eliminasi, dan pemeliharaan personal hygiene. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat menguasai keterampilan dalam pemenuhan kebutuhan rasa nyaman dan istirahat, mobilitas dan aktivitas, parawatan luka, pemeriksaan fisik, pemberian obat-obatan (infus, transfusi darah), serta persiapan ruangan dan lingkungan pasien.

Kerjasama antara Prodi Kebidanan Universitas La Tansa Mashiro dengan RSUD Adjidarmo Kabupaten Lebak memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dari kasus-kasus nyata, sehingga diharapkan akan menciptakan para bidan yang kompeten dan siap berkontribusi dalam dunia kesehatan.

Daini Zulmi, M.Tr.Keb, Ketua Program Studi D3 Kebidanan memberikan pesan “Mahasiswa prodi D3 kebidanan wajib mendapatkan pengalaman melaksanakan praktik secara benar dan terarah sesuai dengan prinsip dan etika profesi kebidanan sehingga dapat memberikan dampak positif pada perkembangan kemampuan aspek pengetahuan dan keterampilan”.

Ns. Hj. Suhestiasih, S.Kep, kasubag keperawatan RSUD. Adjidarmo, dalam sambutannya mengatakan “Mahasiwa harus mampu menjadi bagian dari keluarga besar RSUD Adjidarmo dengan menerapkan budaya kerja dengan baik, contohnya dengan menerapkan 5 S, senyum, sapa, salam, sopan dan santun. baik kepada pasien, keluarga pasien, sejawat dan yg lainya. Dan mahasiswa harus terus meningkatkan kualifikasi pendidikan dengan terus melanjutkan pendidikannya”.

Selamat dan sukses untuk mahasiswa Angkatan XVII Universitas La Tansa Mashiro dalam mengikuti Kegiatan Praktik Keterampilan Dasar Kebidanan di RSUD Adjidarmo Kabupaten Lebak. Semoga pengalaman ini membawa manfaat besar dalam pembentukan karir profesional mereka di bidang kebidanan.

Editor: Aminah – AR

Artikel ini sudah dilihat sebanyak 33 kali

Berbagi ke Sosial Media