Pengembangan Kamus Sunda-Inggris berbasis android untuk masyarakat Baduy Luar

Setelah dilakukan pengembangan prototipe kamus Baduy berbasis android, peneliti (Hikmah Pravitasari, M.Pd., Cancan Firman Wilantika, M.Kom., dan pengembang aplikasi: Moch. Diki Widianto, S.E.) melakukan uji testimoni pada tanggal 22 Agustus 2024 kepada masyarakat pengguna khususnya masyarakat Baduy Luar yang ada di Desa Ciboleger, Lebak, Banten.

Dalam proses testimoni aplikasi ini, dilakukan penginstalan aplikasi pada smartphone dan penjelasan Langkah-langkah penggunaan aplikasi kamus Baduy berbasis android. Dalam proses pengunduhan kamus yang sudah tersedia di Google Play store, masyarakat Baduy hanya perlu mengunduh aplikasinya secara online. Setelah aplikasi terpasang pada smartphone, saat digunakan tidak perlu lagi mengakses internet, sehingga memudahkan Masyarakat Baduy dan para wisatawan ketika tidak ada sinyal internet yang terjangkau di daerah Ciboleger.

Kamus ini mudah digunakan karena bisa langsung masuk pada menu Kamus Baduy untuk mengetik kata yang akan dicari baik dari kata Sunda ke Inggris atau Inggris ke Sunda.

 

Artikel ini sudah dilihat sebanyak 59 kali

Berbagi ke Sosial Media