Perpustakaan Unilam melakukan PKM dan PKS dengan LAPAS Pemuda Kelas IIA Tangerang

Perpustakaan Universitas La Tansa Mashiro (UNILAM) melakukan PKM dan PKS dengan LAPAS Pemuda Kelas IIA Tangerang

Salah satu program Perpustakaan Universitas La Tansa Mashiro yaitu "Perpus Mengabdi".

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, di mana perguruan tinggi memiliki peran penting dalam mendukung dan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, termasuk kelompok yang seringkali terpinggirkan seperti warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Dalam konteks ini, perpustakaan perguruan tinggi sebagai pusat sumber informasi, ilmu pengetahuan, dan pembelajaran dapat berperan strategis dalam program pengabdian kepada masyarakat, khususnya melalui penyediaan akses terhadap bahan bacaan dan pendidikan literasi bagi warga binaan.

 Kegiatan pengabdian perpustakaan perguruan tinggi di Lapas bertujuan untuk memberikan akses pada bahan bacaan yang bermanfaat, meningkatkan keterampilan literasi, dan memfasilitasi program pendidikan non-formal. Kegiatan ini sangat penting mengingat sebagian besar warga binaan memiliki akses yang terbatas terhadap sumber informasi yang berkualitas.

Maka pada hari Kamis, tanggal 10 Oktober 2024 Perpustakaan Universitas La Tansa Mashiro turut berkontribusi untuk meningkatkan minat baca warga binaan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, dan kegiatan ini menjadi kegiatan yang berkesinambungan, sehingga dituangkan dalam perjanjian kerjasama antara  Perpustakaan Universitas La Tansa Mashiro, yang diwakili oleh Kepala Perpustakaan, Iir Nirmalaningsih dan Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang yang diwakili oleh Kepala LAPAS Pemuda Kelas IIA Tangerang, Wahyu Hendra Jati Setyo Nugroho.

Melalui kegiatan donasi buku dan program literasi ini, diharapkan warga binaan dapat meningkatkan wawasan mereka, baik dalam bidang akademik, keterampilan kerja maupun pengembangan diri.

Artikel ini sudah dilihat sebanyak 27 kali

Berbagi ke Sosial Media