Rektor dan Biro Kerjasama UNILAM Menghadiri Forum Konsultasi Publik (RPJPD)

[BERITA UNILAM]
Rektor dan Biro Kerjasama Universitas La Tansa Mashiro
Menghadiri Forum Konsultasi Publik
Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah
Provinsi Banten Tahun 2025-20245

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Banten Tahun 2025 - 2045 di Hotel Swiss Belinn Modern Cikande, Selasa (14/11/2023). Merupakan tahapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan Provinsi Banten dalam 20 tahun ke depan.

“RPJPD merupakan peta jalan yang kita tuangkan dalam dokumen perencanaan pembangunan 20 tahun ke depan. Ke arah mana dan apa yang akan dicapai dalam pembangunan,” ungkapnya.

Dikatakan, Forum Konsultasi Publik dilaksanakan untuk mendapatkan masukan-masukan dari para pemangku kepentingan untuk memperkaya dokumen perencanaan pembangunan Provinsi Banten.

“23 tahun Provinsi Banten berdiri, banyak pencapaian yang telah kita raih. Tentu kita tidak boleh berpuas diri atas capaian itu. Masih banyak yang kita ikhtiarkan,” ungkap Al Muktabar.

“Jalan untuk itu harus kita persiapkan, disebut RPJPD. Akan memandu pembangunan setiap lima tahun dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, red),” tambahnya.

Al Muktabar menekankan, rencana pembangunan yang disusun harus mampu mengantisipasi perkembangan yang terjadi dari lokal, regional, hingga global. Kecepatan dan ketepatan respon serta antisipasi terhadap situasi yang berkembang.

Dalam pembangunan, lanjutnya, bisa top down dengan mengacu pada sistem perencanaan pembangunan nasional. Bisa juga button up dari tingkat Kabupaten/Kota. Keduanya memiliki ruang untuk diaplikasikan.
 

Artikel ini sudah dilihat sebanyak 44 kali

Berbagi ke Sosial Media