UNILAM Pastikan Kualitas Pendidikan melalui Monitoring dan Evaluasi Proses Pembelajaran di Minggu 7

(Rangkasbitung, 10 November 2025) – Lembaga Penjamin Mutu Universitas La Tansa Mashiro (LPM Unilam) melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) proses pembelajaran untuk minggu ke-7 semester Ganjil Tahun Akademik 2025/2026. Kegiatan yang dilaksanakan pada 3 – 8 November 2025 secara hybrid di ruang kelas dan platform daring. Monev Proses Pembelajaran ini bertujuan untuk mengukur capaian pembelajaran, mengidentifikasi kendala yang dihadapi dosen dan mahasiswa, serta memastikan kualitas pelaksanaan kurikulum di seluruh program studi/tingkat sebelum memasuki periode Ujian Tengah Semester (UTS).

 

Ketua LPM, Bu Anis Ervina, SST., M. Kes., menjelaskan bahwa Monev di pertengahan semester ini sangat penting untuk mencegah masalah kecil berkembang menjadi hambatan besar. “Kami memonitor mulai dari kesiapan dosen, ketepatan materi, hingga umpan balik dari mahasiswa. Dengan demikian, kualitas layanan akademik kami dapat terus ditingkatkan sesuai standar mutu nasional,” ujar Bu Anis. Beberapa dosen dan perwakilan mahasiswa dari 13 Program Studi menjadi subjek utama dalam evaluasi ini.

 

Proses Monev dilakukan melalui dua jalur: survei kepuasan mahasiswa dengan instrumen baku, telaah dokumen (RPS, kontrak kuliah, bahan ajar) oleh Gugus Kendali Mutu Fakultas (GKMF) dan Kaprodi, Hasil awal menunjukkan bahwa secara umum, proses pembelajaran berjalan baik. Namun, ada catatan yang perlu diperbaiki, terutama pada kelengkapan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), kebersihan kelas dan perbaikan sarana prasarana.

 

Berdasarkan temuan ini, LPM akan segera mengeluarkan Rekomendasi Tindak Lanjut (RTL) yang wajib dilaksanakan oleh Dekan dan Ketua Program Studi dalam waktu satu bulan. Hal ini dilakukan agar seluruh proses perbaikan dapat diselesaikan sebelum UAS dan kualitas pembelajaran semester ini dapat tercapai secara maksimal.

 

Kontak Media:

[Ruri Puriati/GKMFKes]

[ruri.puriati@unilam.ac.id]

[08231099234]

 

Artikel ini sudah dilihat sebanyak 5 kali

Berbagi ke Sosial Media