Program Studi D3 Kebidanan Angkatan ke-XVI UNILAM, melaksanakan kegiatan PKMK

[BERITA UNILAM]

Senin, 13 November 2023 telah dilaksanakan Pembukaan Kegiatan PKMK Kelurahan Cijoro Lebak oleh Mahasiswa Program Studi D3 Kebidanan Angkatan ke-XVI Universitas La Tansa Mashiro bersama pihak Puskesmas Rangkasbitung dan Perangkat Kelurahan Cijoro Lebak yang bertempat di Kantor Kelurahan Cijoro Lebak.

Diawali dengan laporan dari Ketua Pelaksana PKMK Bu Daini Zulmi, SST., M.Tr.Keb. bahwa kegiatan ini baru diadakan secara luring setelah dua tahun lebih pandemi Covid 19 menerpa. Disusul dengan sambutan sekaligus penyerahan mahasiswa secara simbolis oleh Dekan Fakultas Kesehatan UNILAM Bu Anis Ervina, SST., M.Kes. yang diterima oleh Kepala Puskesmas Rangkasbitung Pak Yangyang Citra Gumilar, M.Kes, Sekretaris Kelurahan Cijoro Lebak Pak Dede Ruky Racmat, S.IP, M.AP dan Tokoh Agama Pak Asep Attoilah. Dilanjutkan pemaparan kewilayahan oleh Sekretaris Kelurahan Cijoro Lebak dan diakhiri foto bersama serta interaksi langsung antara mahasiswa dan kader posyandu untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

PKMK (Pembangunan Kesehatan Masyarakat Kelurahan) merupakan kegiatan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan peningkatan berbagai pelayanan yang diperlukan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. PKMK juga merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswi kebidanan untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus, dengan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi.

Tahun ini, PKMK mengusung tema “Cegah Stunting Dimulai dari Diri Sendiri”  dan berfokus untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi mahasiswa serta masyarakat dalam upaya pencegahan stunting di Kelurahan Cijoro Lebak. Kegiatan PKMK ini akan berlangsung selama 17 hari mulai dari 13 – 29 November 2023.
________
Copywritter: [Ruri Puriati, SST.] 
 

Artikel ini sudah dilihat sebanyak 71 kali

Berbagi ke Sosial Media