Seminar Internasional, UNILAM hadirkan pembicara luar negeri

Unilam gelar seminar internasional tentang Zakat dan Waqf yang bertema "Menguatkan Potensi Filantropi Islam". Acara ini dilaksanakan secara hybrid yaitu luring di Gedung Hall Unilam dan dihadiri oleh mahasiswa seluruh prodi sedangkan daring dari ruang virtual Zoom dengan dihadiri pembicara dari Turki dan Arab Saudi.

Seminar yang dilaksanakan pada (29/05) ini, disampaikan menggunakan bahasa Arab yang diterjemahkan oleh Zulfikar. Pembicara terdiri atas Rektor Unilam Soleh, King faisal University Abul Hasan, CEO Arid Scientific Platform Turkiye Seif Suaidi, dan Ain-shams University and The American University in Cairo Mustofa Dasuki Kesba.

Zakat dan waqaf menjadi instrumen penting dalam kehidupan seperti yang dijelaskan Mustofa terkait yang mengeluarkan dan menerima zakat. "diwajibkan pada kaum kaum hijriah dan zakat diambil dari harta orang berkecukupan dikhususkan kepada orang-orang yang berkekurangan sehingga kebutuhannya bisa tercukupi dari yang telah diberikan." jelas Mustofa

Mustofa juga menjelaskan golongan orang yang mengelola waqaf perlu ada 2 aspek:
1. Menguatkan literasi (berdakwah) dan ikut menanam kan kesadaran dalam berwaqaf
2. Orang yang profesional dalam investasi.

Mahasiswa juga diberi penjelasan terkait keabsahan hukum dalam waqaf yang harus terdaftar agar jika ada masalah sebagai contoh digunakannya tempat waqaf untuk kemasksiatan maka dalam hal ini bisa dikembalikan lewat hukum.

Harapannya seminar ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa untuk dapat menebar manfaat kemudian hari. 
______
Copywritter: Salma [member of lpmtintamas]

Artikel ini sudah dilihat sebanyak 87 kali

Berbagi ke Sosial Media